Sabtu, 02 Mei 2015

Delicious and Fragrant Green Tea Cake

Delicious not-so-green Green Tea cake
Welcome to the blog!!
Selamat datang di blog saya!

It's a blog where i share the good food we make at home and to show you that homemade cooking and baking are not difficult and that you can make healthier versions of the food you like. You make the food and you know exactly what you put in it.
Di blog ini saya ingin berbagi tentang makanan yang kami masak sendiri di rumah dan saya juga mau nunjukin bahwa memasak sendiri itu tidaklah sulit. Anda juga bisa membuat makanan dengan versi yang lebih sehat karena Anda tahu bahan apa saja yang Anda pakai dalam masakan Anda.

I really love cooking and baking. When it's weekend and I don't feel like going anywhere, I always keep myself busy with those activities.
saya suka sekali kegiatan memasak dan memanggang kue. di akhir pekan kalau saya sedang tidak ingin ke mana-mana, saya bersibuk ria di dapur untuk memasak ataupun membuat kue.

for now, i feel like baking! It's been quite a while since the last time i baked cake/bread. So i was so excited to meet my baking equipment and ingredients again ♡♡
sekarang ini, saya sedang ingin membuat kue, karena sudah cukup lama sejak terakhir kali saya membuat kue.senang rasanya bisa ketemu lagi dengan peralatan dan bahan membuat kue.
Some of the ingredients for baking

Today i checked my fridge to see what extra ingredients i had for baking. Then i found some leftover green tea powder which gave me the idea of making green tea muffins.
waktu mengecek kulkas mencari bahan tambahan buat kue, saya menemukan sisa bubuk teh hijau, jadi pengen bikin muffin teh hijau.

Later on, when i finished weighing, melting and preparing the ingredient, i realized that i lost my muffin paper cup. I'm a big fan of muffins in paper cups. They look pretty. 
But since i don't have them on hand, i decided to bake the batter in a pie/cake pan rather than just bake it directly in the muffin tin without paper cups.
Tapi setelah selesai menimbang, melelehkan margarin dan menyiapkan bahan-bahan muffinnya, saya baru sadar kalau cup kertas  muffin saya hilang. padahal saya suka banget muffin pake kertas cup, cantik lah rupanya. jadi karena saya nggak suka bikin muffin ga pake kertas, jadinya saya pake loyang pie saja.
Pie pan that I used for baking

For the recipe, I modified Just Try and Taste's  Lemon Cheese Muffin 
Untuk resepnya, saya modifikasi resep Muffin Keju Lemon-nya Just Try and taste

Let's go on to the recipe
yuk kita langsung ke resepnya.

Green Tea Muffin 'cake'

Ingredients:
● 250 gr cake flour /  all purpose flour (tepung protein tinggi ato bisa pakai tepung serbaguna)
● 100 gr butter /margarine, melt (mentega atau margarin, lelehkan)
● 200 ml milk (susu cair)
● 140 gr granulated sugar (gula pasir)
● 1 large egg (telur ayam ukuran besar)
● 2 teaspoons baking powder
● 1/4 teaspoon salt (garam)
● 1 tablespoon green tea powder (bubuk teh hijau)

How to:
○ Preheat the oven into 200˚C
(panaskan oven di suhu 200˚C)
○ In a bowl, shift together flour, baking powder, salt and green tea powder.
(Dalam sebuah mangkuk, ayak tepung, baking powder, garam dan teh hijau bubuk)
○ In another bowl, lightly beat the egg and add the sugar.
(dalam mangkuk yang lain, kocok lepas telur dan tambahkan gula)
○ Add the melted butter/ margarine. 
(tambahkan mentega / margarin leleh)
○ Add half of the milk. Mix well.
(tambahkan setengah bagian susu, campur rata)
○ Slowly add the flour mixture and add the remaining milk.
(perlahan-lahan tambahkan campuran tepung dan sisa susu)
○ Mix and fold very carefully, just until all the wet and dry ingredients blend. Don't over mix. There   should be some small lumps, but don't worry. Just keep in mind not to over mix, otherwise your muffin won't be fluffy.
(aduk dan campur perlahan-lahan, sekedar bahan basah dan keringnya bercampur. jangan terlalu banyak mengaduk. akan terlihat gumalan-gumpalan kecil, tapi jangan khawatir. ingat jangan terlalu banyak mengaduk, nanti muffinnya bantat dan nggak ngembang)
○ Pour the mixture into the pan (or muffin tins) . Bake for 20-25 minutes.
(tuang adonan ke dalam loyang kue ato loyang muffin, panggang selama 20-25 menit)

Enjoy this delicious and fragrant cake a cup of tea. so yummy! 
Nikmati kue yang lezat dan harum ini ditemani secangkir teh. enak sekali!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar